Sabtu, 24 September 2016

Cara Merawat Komputer

Tips Merawat Komputer
  Cara Merawat komputer, Banyak sekali kerusakan yang ditimbulkan oleh komputer apabila kita tidak pintar dalam merawat komputer tersebut. Contoh nya saya sendiri beberapa waktu yang lalu saya mengalami masalah komputer yang tempraturnya atau suhu nya tidak seperti komputer normal, masalah ini terjadi di karnakan saya kurang memperhatikan kebersihan dalam merawat hardwere komputer saya.
Tips - Tips yang akan saya bagikan ini berdasarkan pengalaman saya pribadi yang sudah pasti saya terapkan di komputer saya, dan alhamdulillah sampai saat ini, komputer saya masih sehat - sehat saja, walaupun saya membelin komputer ini dalam keadaan bekas :).

1. Tips yang pertama sekali adalah sering - seringlah anda mengecek kebersihan dalam CPU komputer anda. Seperti yang sudah saya sebutkan di paragraf awal, saya pernah mengalami maslah pada suhu komputer. Ini bukan masalah sepele, akibat suhu komputer yang berlebihan saya sampai menghabiskan dua buah VGA pada waktu itu, dan harga masing - masing VGA tersebut sekitar 500 rb. 500 rb x 2 udah satu juta, beh bisa dapet CPU baru tuh. Gara - Gara tidak menjaga kebersihan CPU saya mengeluarkan uang senilai satu juta dalam jarak yang berdekatan. Kalau anda orang kaya mungkin bukan masalah, tapi bagi saya uang satu juta sudah cukup jadi masalah. Jadi sebaiknya anda menjaga kebersihan CPU komputer anda.

2. Tips yang kedua adalah lakukan defragmenter pada hardisk anda setiap satu bulan sekali. fragmenter ini sangat menggangu performa komputer anda, Jadi sangat saya sarankan anda mengunakan tips merawat komputer ini, cara melakukan defragmenter sangat mudah, caranya yaitu dengan mengKlik start pada komputer anda dan pilih pada bagian All programs > accessories > system tool > lalu pilih yang bertuliskan Disk
defragmenter.

3. Tips yang ketiga dalam melakukan perawatan pada komputer anda yaitu dengan mengaktifkan system restore pada komputer anda, untuk mengaktifkan system restore pada komputer anda, cara nya dengan megKlik kanan pada icon dekstop my computer, lalu klik properties > pilih tab system restore > cari yang bertuliskan Turn off system restore on all drives dan hilangkan tanda centang di sebelah kiri tulisan tersebut.

4. Lakukan scan virus manual setiap satu minggu sekali, Beberapa anti virus memang sudah melakunkan scan secara otomatis, tetapi dalam merawat komputer yang baik anda harus melakukan scan tersebut scara manual.
5. Tips yang kelima ini akan sangat memakan waktu anda dalam merawat komputer anda, tips nya yaitu mengecek apakah ada error atau bad sector pada hardisk komputer anda. Dalam hardisk ada beberapa partikel ( folder inti ) normal nya dan yang sering saya temui partikel ini berjumblah dua, yaitu partikel C dan D , di partikel C biasa digunakan untuk menyimpan sistem oprasi dan beberapa program, dan di partikel D tempat menyimpan file atau data - data yang kita miliki.

Untuk melakukan cek dan membersihkan bad sector pada hardisk komputer kita caranya yaitu buka my computer lalu Klik kanan pada partikel yang dipilih > lalu klik properties > pilih tab Tool > klik check Now > beri tanda centang pada automatically fix sistem error dan scan for and attempt recovery of bad sector > lalu klik start. Lakukan hal tersebut di kedua partikel (C dan D). Kalau di partikel C biasanya kita harus merestart komputer kita, barulah pengecekan bad sector berjalan.

Itulah TIPS CARA MERAWAT KOMPUTER ,,semoga bermanfaat akhi dan ukti :)
sumber:klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar