Rabu, 14 September 2016

Makalah Game Test Memory


Rabu,14 September 2016



MAKALAH PEMOGRAMAN VISUAL I
GAMES “TEST MEMORY”


D
I
S
U
S
U
N
Oleh :
                                    1. SITI NURLINA                1523068          MIC/2
                                    2. BELA DWI LESTARI    1523069          MIC/2

Dosen Pengampuh :
Kadarsih, M.Kom
JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
AKMI BATURAJA
2016

KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada saya sehingga saya berhasil menyelesaikan tugas visual basic yaitu pembuatan game sederhana menggunakan visual basic 6.0. Tugas ini dibuat sebagai tugas kelompok di semester 2.
Tugas  ini berisikan tentang pendahuluan, landasan teori, perancangan dan penutup dalam pembuatan game sederhana menggunakan visual basic 6.0. Dalam penyusunan tugas ini tidak lepas dari dari bantuan banyak pihak maka pada kesempatan ini penulis  ingin mengucapkan banyak – banyak terima kasih pada sumber – sumber yang penulis dapatkan dari internet, yang penulisan dapat jadikan referensi dalam penulisan ilmiah.
Penulis  menyadari bahwa tugas ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan penulisan ilmiah ini. Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu  dalam penyusunan penulisan ilmiah ini.



Baturaja, 22 April 2016


                                                                                                                                Penulis







DAFTAR ISI

Halaman Judul
Daftar Isi
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang .................................................................................................................  1
B.     Tujuan ..............................................................................................................................  1
C.     Manfaat ............................................................................................................................  2
BAB II
PEMBAHASAN
    1.1 Pengertian Game Test Memory.......................................................................................... 3
    1.2 Tampilan Game................................................................................................................... 3
    1.3 Tutorial Pembuatan Game.................................................................................................. 3
BAB III
PENUTUP
    2.1 Kesimpulan dan Saran ...................................................................................................  10







 

BAB I

PENDAHULUAN

 A.    Latar Belakang

Perkembangan teknologi komputer pada saat ini sangat pesat, dimana yang telah kita ketahui dalam instansi pemerintahan maupun swasta, lebih mengutamakan menggunakan teknologi komputer dalam menyelesaikan pekerjaannya, dan juga bagi para pelajar atau mahasiswa/i serta dosen dalam mempermudahkan proses belajar mengajar .
Salah satu perkembangan teknologi saat ini yang digemari oleh masyarakat luas yaitu permainan (Games). Game merupakan sebuah alat untuk bermain dan refreshing yang sangat berkembang akhir-akhir ini dalam lingkungan masyarakat. Saat ini game telah berkembang menjadi sebuah alat ataupun media yang bisa digunakan sebagai sarana belajar.
Permainan yang dimaksud dalam game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan intelektual” (intellectual playability). Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Game menjadi salah satu pilihan utama untuk mengisi waktu senggang setelah berakifitas. Banyak game yang bermanfaat namun ada juga beberapa game yang tidak layak dimainkan karena faktor kekerasan, pornografi, dan hal lain yang berbau negatif, tentu keuntungan dan kerugian bermain game kembali terletak pada orang memainkannya.
Oleh karena itu kami sebagai penulis termotivasi mencoba membuat game yang bisa bermanfaat bagi kita semua, yang juga sangat menarik, sarana informasi, nyaman untuk dimainkan, serta cocok untuk segala umur. Dalam permasalahan diatas kami sebagai penulis tertarik mengambil judul tugas akhir yaitu Membuat Game “TEST MEMORY” Menggunakan Visual Basic 6.0 (Vb 6.0)

B.     Tujuan Aplikasi Games

Dalam pembuatan game ini penulis mempunyai tujuan yaitu:
§  Memperkuat daya penglihatan mata
§  Mendapat nilai tambahan pada matakuliah Visual Basic
§  Menambah pengetahuan membuat dan membangun suatu program
§  Melihat kemampuan kita dan diperkembangkan lagi
§  Mengasah daya konsentrasi
§  Mengasah daya ingat
§  Menggunakan fasilitas komputer  menjadi berguna dari segi manapun
§  Ingin membangun suatu pemrograman aplikasi yang lebih sempurna dan menarik.

C.  Manfaat Games

Adapun manfaat yang diharapkan penulis adalah dalam pembangunan game ini diharapkan nantinya game ini dapat digunakan secara luas untuk tujuan pendidikan dan dijadikan referensi untuk nantinya bisa dikembangkan lebih baik lagi.

















BAB II
PEMBAHASAN

1.1 Pengertian
            Game Test Memory adalah Game yang mengasah daya ingat dan penglihatan.
Dengan bermain game ini sebagai alat untuk bermain dan refreshing setelah penat melalukan aktifitas sehari-hari.
1.2 Tampilan game

 

1.3 Tutorial pembuatan game


1.      Buka aplikasi visual basic 6.0
2.      Lalu klik open
















3.      Akan muncul tampilan seperti dibawah ini :












4.      Kemudian buat Listing Games Test Memory

Dim Urut(100) As Integer
Dim Klik_Urut(100) As Integer
Dim lanjut As Boolean
Dim Player As String
Dim Ke As Integer
Dim Klik_Ke As Integer
Private Sub CmdExt_Click()
    Unload Me
End Sub

Private Sub CmdPlay_Click()
    MsgBox "Komputer akan mensimulasikan tombol mana saja yang di tekan," & vbCrLf & _
        "Tugas anda adalah menirukan mengklik tombol mana saja yang harus di klik" & vbCrLf & _
        "Mari kita lihat sampai sejauh mana anda mengingat .... ", vbInformation, "Petunjuk"
    Me.CmdPlay.Visible = False
    Me.CmdExt.Visible = False
    Ke = 0
    TambahMem
    Me.TmrTunggu.Enabled = True
End Sub

Private Sub Form_Load()
    Randomize Timer
End Sub

Sub TambahMem()
    Ke = Ke + 1
    Do
        Urut(Ke) = Rnd * 4
    Loop Until Urut(Ke) <> 0
End Sub

Sub CPU_Play()
For i = 1 To Ke
     Select Case Urut(i)
   Case 1 'tombol atas
            Me.ImgUp.BorderStyle = 1
            lanjut = False: Me.TmrLanjut.Enabled = True
            While lanjut = False
   DoEvents
   Wend
            Me.ImgUp.BorderStyle = 0
    Case 2 'tombol down
            Me.ImgDown.BorderStyle = 1
            lanjut = False: Me.TmrLanjut.Enabled = True
            While lanjut = False
    DoEvents
    Wend
            Me.ImgDown.BorderStyle = 0
    Case 3 'imgLeft
            Me.imgLeft.BorderStyle = 1
            lanjut = False: Me.TmrLanjut.Enabled = True
            While lanjut = False
     DoEvents
     Wend
            Me.imgLeft.BorderStyle = 0
     Case 4 'imgRight
            Me.ImgRight.BorderStyle = 1
            lanjut = False: Me.TmrLanjut.Enabled = True
            While lanjut = False
     DoEvents
     Wend
     Me.ImgRight.BorderStyle = 0
End Select
     lanjut = False: Me.TmrLanjut.Enabled = True
    While lanjut = False
    DoEvents
    Wend
    Next i
    Player = "USER"
    Klik_Ke = 0
End Sub

Private Sub ImgDown_MouseDown(Button As Integer, Shift As Integer, X As Single, Y As Single)
    If Player = "USER" Then
    Me.ImgDown.BorderStyle = 1
End If
End Sub

Private Sub ImgDown_MouseUp(Button As Integer, Shift As Integer, X As Single, Y As Single)
    If Player = "USER" Then
    Me.ImgDown.BorderStyle = 0
    Cek_Klik 2
End If
End Sub

Private Sub imgLeft_MouseDown(Button As Integer, Shift As Integer, X As Single, Y As Single)
    If Player = "USER" Then
    Me.imgLeft.BorderStyle = 1
End If
End Sub

Private Sub imgLeft_MouseUp(Button As Integer, Shift As Integer, X As Single, Y As Single)
    If Player = "USER" Then
    Me.imgLeft.BorderStyle = 0
    Cek_Klik 3
End If
End Sub

Private Sub ImgRight_MouseDown(Button As Integer, Shift As Integer, X As Single, Y As Single)
    If Player = "USER" Then
    Me.ImgRight.BorderStyle = 1
End If
End Sub

Private Sub ImgRight_MouseUp(Button As Integer, Shift As Integer, X As Single, Y As Single)
    If Player = "USER" Then
    Me.ImgRight.BorderStyle = 0
    Cek_Klik 4
    End If
End Sub

Private Sub ImgUp_MouseDown(Button As Integer, Shift As Integer, X As Single, Y As Single)
    If Player = "USER" Then
    Me.ImgUp.BorderStyle = 1
End If
End Sub

Private Sub ImgUp_MouseUp(Button As Integer, Shift As Integer, X As Single, Y As Single)
    If Player = "USER" Then
        Me.ImgUp.BorderStyle = 0
    Cek_Klik 1
End If
End Sub
Private Sub TmrLanjut_Timer()
    lanjut = True
    Me.TmrLanjut.Enabled = False
End Sub

Sub Cek_Klik(Tepi As Integer)
    Klik_Ke = Klik_Ke + 1
    Klik_Urut(Klik_Ke) = Tepi
    If Klik_Ke = Ke Then 'jika sudah selesai
        Dim Salah As Boolean
        For i = 1 To Ke
            If Urut(i) <> Klik_Urut(i) Then
            Salah = True
            Exit For
            End If
        Next i
        If Salah = True Then    'jika ada yang salah
            MsgBox "Skor anda :" & Ke & vbCrLf _
            , vbExclamation, "Game Over"
            Player = "CPU"
            Me.CmdPlay.Visible = True
            Me.CmdExt.Visible = True
        Else 'jika benar semua
            Player = "CPU"
            TambahMem
            Me.TmrTunggu.Enabled = True
        End If
    End If   
End Sub

Private Sub TmrTunggu_Timer()
    CPU_Play
    Me.TmrTunggu.Enabled = False
End Sub













BAB II

PENUTUP

2.1 Kesimpulan dan Saran


        Dalam pembuatan game ini kami menggunakan visual basic 6.0. Game selalu ada dan terus diminati oleh berbagai kalangan di segala usia. Keberadaannya begitu ditunggu untuk melepaskan rasa penat setelah seharian belajar ataupun bekerja. Selain itu, game juga telah mengisi masa kecil setiap orang sehingga mengakibatkan nostalgia tersendiri ketika dibahas kembali pada saat ini. Kendala yang ditemui saat pembuatan game ini adalah saat mencari sumber – sumber teori terpercaya untuk memulai membuat game dan kurangnya materi yang diberikan sehingga kurang jelas. Yang kami lakukan kedepannya adalah melakukan evaluasi terhadap diri sendiri dan terus mempelajari teknologi game agar bisa bermanfaat nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar