Rabu,14 September 2016
MAKALAH PEMOGRAMAN VISUAL I
GAMES “TEST MEMORY”
D
I
S
U
S
U
N
Oleh :
1.
SITI
NURLINA 1523068 MIC/2
2.
BELA DWI LESTARI 1523069 MIC/2
Dosen Pengampuh :
Kadarsih, M.Kom
JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN
KOMPUTER
AKMI BATURAJA
2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat
Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada saya sehingga
saya berhasil menyelesaikan tugas visual basic yaitu pembuatan game sederhana
menggunakan visual basic 6.0. Tugas ini dibuat sebagai tugas kelompok di
semester 2.
Tugas ini berisikan
tentang pendahuluan, landasan teori, perancangan dan penutup dalam pembuatan
game sederhana menggunakan visual basic 6.0. Dalam penyusunan tugas ini tidak
lepas dari dari bantuan banyak pihak maka pada kesempatan ini penulis
ingin mengucapkan banyak – banyak terima kasih pada sumber – sumber yang
penulis dapatkan dari internet, yang penulisan dapat jadikan referensi dalam
penulisan ilmiah.
Penulis menyadari bahwa
tugas ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua
pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan penulisan
ilmiah ini. Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang
telah membantu dalam penyusunan penulisan ilmiah ini.
Baturaja, 22
April 2016
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
Judul
Daftar Isi
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang ................................................................................................................. 1
B.
Tujuan .............................................................................................................................. 1
C.
Manfaat ............................................................................................................................ 2
BAB II
PEMBAHASAN
1.1 Pengertian Game Test Memory..........................................................................................
3
1.2 Tampilan Game................................................................................................................... 3
1.3 Tutorial Pembuatan Game..................................................................................................
3
BAB III
PENUTUP
2.1 Kesimpulan dan Saran ................................................................................................... 10
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perkembangan
teknologi komputer pada saat ini sangat
pesat, dimana yang telah kita ketahui dalam instansi
pemerintahan maupun swasta, lebih mengutamakan menggunakan teknologi komputer dalam
menyelesaikan pekerjaannya, dan juga bagi para pelajar atau mahasiswa/i serta dosen dalam
mempermudahkan proses belajar mengajar .
Salah satu
perkembangan teknologi saat ini yang digemari oleh masyarakat luas yaitu permainan (Games). Game merupakan sebuah alat untuk bermain dan refreshing yang sangat
berkembang akhir-akhir ini dalam lingkungan masyarakat. Saat ini game telah
berkembang menjadi sebuah alat ataupun media yang bisa digunakan sebagai sarana
belajar.
Permainan
yang dimaksud dalam game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan
intelektual” (intellectual playability). Sementara kata “game” bisa diartikan
sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin
dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran
sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Game menjadi
salah satu pilihan utama untuk mengisi waktu senggang setelah berakifitas. Banyak game
yang bermanfaat namun ada juga beberapa game yang tidak layak dimainkan karena
faktor kekerasan, pornografi, dan hal lain yang berbau negatif, tentu
keuntungan dan kerugian bermain game kembali terletak
pada orang memainkannya.
Oleh karena itu kami sebagai penulis termotivasi mencoba membuat game yang bisa bermanfaat bagi kita
semua, yang juga sangat menarik, sarana informasi, nyaman untuk
dimainkan, serta cocok untuk segala umur. Dalam permasalahan diatas kami sebagai penulis
tertarik mengambil judul tugas akhir yaitu “Membuat Game “TEST MEMORY”
Menggunakan Visual Basic 6.0 (Vb 6.0)”
B. Tujuan Aplikasi Games
Dalam
pembuatan game ini penulis mempunyai tujuan yaitu:
§ Memperkuat daya penglihatan mata
§ Mendapat
nilai tambahan pada matakuliah Visual Basic
§ Menambah
pengetahuan membuat dan membangun suatu program
§ Melihat
kemampuan kita dan diperkembangkan lagi
§ Mengasah daya konsentrasi
§ Mengasah daya ingat
§ Menggunakan
fasilitas komputer menjadi berguna dari segi manapun
§ Ingin
membangun suatu pemrograman aplikasi yang lebih sempurna dan menarik.
C. Manfaat Games
Adapun manfaat yang diharapkan
penulis adalah dalam pembangunan game ini diharapkan nantinya game ini dapat
digunakan secara luas untuk tujuan pendidikan dan dijadikan referensi untuk
nantinya bisa dikembangkan lebih baik lagi.
BAB II
PEMBAHASAN
1.1 Pengertian
Game Test Memory adalah Game yang mengasah daya ingat
dan penglihatan.
Dengan bermain
game ini sebagai alat untuk bermain dan refreshing setelah penat melalukan
aktifitas sehari-hari.
1.2
Tampilan game
1.3 Tutorial pembuatan game
1.
Buka aplikasi visual basic 6.0
2.
Lalu klik open
3.
Akan muncul tampilan seperti dibawah ini :
4.
Kemudian buat Listing Games Test Memory
Dim
Urut(100) As Integer
Dim
Klik_Urut(100) As Integer
Dim lanjut
As Boolean
Dim Player
As String
Dim Ke As
Integer
Dim Klik_Ke
As Integer
Private Sub
CmdExt_Click()
Unload Me
End Sub
Private Sub
CmdPlay_Click()
MsgBox "Komputer akan mensimulasikan
tombol mana saja yang di tekan," & vbCrLf & _
"Tugas anda adalah menirukan
mengklik tombol mana saja yang harus di klik" & vbCrLf & _
"Mari kita lihat sampai sejauh
mana anda mengingat .... ", vbInformation, "Petunjuk"
Me.CmdPlay.Visible = False
Me.CmdExt.Visible = False
Ke = 0
TambahMem
Me.TmrTunggu.Enabled = True
End Sub
Private Sub
Form_Load()
Randomize Timer
End Sub
Sub
TambahMem()
Ke = Ke + 1
Do
Urut(Ke) = Rnd * 4
Loop Until Urut(Ke) <> 0
End Sub
Sub
CPU_Play()
For i = 1 To
Ke
Select Case Urut(i)
Case 1 'tombol atas
Me.ImgUp.BorderStyle = 1
lanjut = False:
Me.TmrLanjut.Enabled = True
While lanjut = False
DoEvents
Wend
Me.ImgUp.BorderStyle = 0
Case 2 'tombol down
Me.ImgDown.BorderStyle = 1
lanjut = False:
Me.TmrLanjut.Enabled = True
While lanjut = False
DoEvents
Wend
Me.ImgDown.BorderStyle = 0
Case 3 'imgLeft
Me.imgLeft.BorderStyle = 1
lanjut = False: Me.TmrLanjut.Enabled = True
While lanjut = False
DoEvents
Wend
Me.imgLeft.BorderStyle = 0
Case 4 'imgRight
Me.ImgRight.BorderStyle = 1
lanjut = False:
Me.TmrLanjut.Enabled = True
While lanjut = False
DoEvents
Wend
Me.ImgRight.BorderStyle = 0
End Select
lanjut = False: Me.TmrLanjut.Enabled =
True
While lanjut = False
DoEvents
Wend
Next i
Player = "USER"
Klik_Ke = 0
End Sub
Private Sub
ImgDown_MouseDown(Button As Integer, Shift As Integer, X As Single, Y As
Single)
If Player = "USER" Then
Me.ImgDown.BorderStyle = 1
End If
End Sub
Private Sub
ImgDown_MouseUp(Button As Integer, Shift As Integer, X As Single, Y As Single)
If Player = "USER" Then
Me.ImgDown.BorderStyle = 0
Cek_Klik 2
End If
End Sub
Private Sub
imgLeft_MouseDown(Button As Integer, Shift As Integer, X As Single, Y As
Single)
If Player = "USER" Then
Me.imgLeft.BorderStyle = 1
End If
End Sub
Private Sub
imgLeft_MouseUp(Button As Integer, Shift As Integer, X As Single, Y As Single)
If Player = "USER" Then
Me.imgLeft.BorderStyle = 0
Cek_Klik 3
End If
End Sub
Private Sub
ImgRight_MouseDown(Button As Integer, Shift As Integer, X As Single, Y As
Single)
If Player = "USER" Then
Me.ImgRight.BorderStyle = 1
End If
End Sub
Private Sub
ImgRight_MouseUp(Button As Integer, Shift As Integer, X As Single, Y As Single)
If Player = "USER" Then
Me.ImgRight.BorderStyle = 0
Cek_Klik 4
End If
End Sub
Private Sub
ImgUp_MouseDown(Button As Integer, Shift As Integer, X As Single, Y As Single)
If Player = "USER" Then
Me.ImgUp.BorderStyle = 1
End If
End Sub
Private Sub
ImgUp_MouseUp(Button As Integer, Shift As Integer, X As Single, Y As Single)
If Player = "USER" Then
Me.ImgUp.BorderStyle = 0
Cek_Klik 1
End If
End Sub
Private Sub
TmrLanjut_Timer()
lanjut = True
Me.TmrLanjut.Enabled = False
End Sub
Sub
Cek_Klik(Tepi As Integer)
Klik_Ke = Klik_Ke + 1
Klik_Urut(Klik_Ke) = Tepi
If Klik_Ke = Ke Then 'jika sudah selesai
Dim Salah As Boolean
For i = 1 To Ke
If Urut(i) <> Klik_Urut(i)
Then
Salah = True
Exit For
End If
Next i
If Salah = True Then 'jika ada yang salah
MsgBox "Skor anda :"
& Ke & vbCrLf _
, vbExclamation, "Game
Over"
Player = "CPU"
Me.CmdPlay.Visible = True
Me.CmdExt.Visible = True
Else 'jika benar semua
Player = "CPU"
TambahMem
Me.TmrTunggu.Enabled = True
End If
End If
End Sub
Private Sub
TmrTunggu_Timer()
CPU_Play
Me.TmrTunggu.Enabled = False
BAB II
PENUTUP
2.1 Kesimpulan dan Saran
Dalam pembuatan game ini kami menggunakan visual basic 6.0. Game selalu ada dan
terus diminati oleh berbagai kalangan di segala usia. Keberadaannya begitu
ditunggu untuk melepaskan rasa penat setelah seharian belajar ataupun bekerja.
Selain itu, game juga telah mengisi masa kecil setiap orang sehingga
mengakibatkan nostalgia tersendiri ketika dibahas kembali pada saat ini.
Kendala yang ditemui saat pembuatan game ini adalah saat mencari sumber –
sumber teori terpercaya untuk memulai membuat game dan kurangnya materi yang
diberikan sehingga kurang jelas. Yang kami lakukan kedepannya adalah melakukan
evaluasi terhadap diri sendiri dan terus mempelajari teknologi game agar bisa
bermanfaat nantinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar