Sabtu, 24 September 2016

Langkah-langkah Mengatasi Komputer Tidak Bisa Booting

Mengatasi masalah booting ini sering kita jumpai pada komputer yang sudah termakan usia ataupun ada permasalahan pada saat load OS (Sistem Operasi).Lanjut pada Cara mengatasi permasalahan komputer tidak bisa booting, ada beberapa cara untuk mengatasi booting yang gagal pada komputer. tentu saja blogsolu disini akan menjelaskan beberapa cara untuk mengatasi komputer tidak mau booting.

Sedikit tentang pengertian secara umum tentang Booting, Booting komputer adalah proses penyalaan komputer dari awal memencet tombol power sampai masuk pada sistem operasi secara penuh. Booting identik dengan BIOS, yaitu Basic Input Output System yang merupakan sebuah kode software yang tertanam pada sistem komputer.

Banyak sekali komponen yang berpengaruh terhadap proses booting ini, bila salah satu komponen tidak terpasang dengan benar saja dapat berpengaruh terhadap proses booting ini. Sebaiknya bila sobat mengalami masalah komputer tidak mau booting, cek dulu keadaan keseluruhan hardware komputer sobat, bila diperlukan bersihkan komponen-komponen dalam CPU.

Disini blog Nurlin23 akan menjelaskan cara mengatasi komputer yang tidak mau booting, tetapi saya hanya menjelaskan dari segi sofware nya saja, kalau sobat merasa ada masalah pada hardware komputernya, sebaiknya ikuti saran saya yang diatas tadi, yaitu dengan membersihkan komponen-komponen didalam CPU sobat.

Baiklah kita langsung masuk saja ke tutorial tentang bagaimana cara mengatasi komputer yang tidak bisa booting. :

Mengatasi Komputer Tidak mau Booting

1. Safe mode
Bila temen-teman semua ada yang mengalami masalah pada booting, langkah awal yang bisa dilakukan adalah mencoba booting melalui safe mode, untuk booting komputer safe mode caranya dengan restart komputer dan segera tekan F8 (untuk windows 7). Bila teman-teman berhasil masuk windows
dengan mengunakan safe mode, berarti permasalahannya  ada pada aplikasi yang membuat crash ataupun karna virus, coba bersihkan virus dengan mengunakan anti virus dan bersihkan file yang menurut anda mencurigakan, kemudian restart kembali dan masuk booting mengunakan normal windows.   

2. Repair
Repair ini bisa dilakukan apabila cara pertama tidak berhasil, bila anda ingin melakukan repair anda harus memiliki cd/dvd OS yang anda gunakan. Cara nya adalah masukan cd/dvd OS anda lalu atur booting mengunakan cd/dvd, setelah itu lakukan startup Repair. Jika menemukan pesan “bootmgr is missing” anda bisa masuk ke command prompt dan ketik bootrec /fixboot, lalu restart kembali.

3. Terakhir Instal Ulang OS
Bila kedua cara diatas tidak juga bisa mengatasi masalah komputer tidak mau booting, kita masuk ke cara yang terakhir yaitu dengan instal ulang OS anda/ instal ulang windows anda. Hanya saja cara ini akan sangat memakan waktu anda, pengerjaan nya pun sedikit ribet, anda harus memiliki driver lengkap untuk komputer anda, juga cd/dvd windows, bila komputer teman-teman tidak memiliki cd/dvd room, teman-teman semua bisa menggunakan flasdisk.

Demikian tutorial Tips mengatasi Komputer Tidak bisa BOOTING semoga bermanfaat buat teman-teman semua, bila ada pertanyaan silahkan tanyakkan pada kolom komentar. Sekali lagi semoga berguna buat sobat-sobat blog nurlin23 yang mengalami masalah komputer tidak mau booting. Jangan lupa like dan share nya ya.
sumber:klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar